Jumat, 08 Juni 2018

Ny Liem : Sang Legenda Pembuat Resep Brownies

Siapa instruktur kursus roti serta kue paling terkenal di Bandung? Salah satunya merupakan Ny Liem. Sejak tahun 1966 Ny. Liem telah membimbing beberapa macam kue serta roti tetapi bukan untuk mencari untung. Di tahun 1971, wanita bernama lengkap Liem Kurnia Awangsih ini mulai rajin berkeliling ke beberapa tempat untuk memberikan keahliannya membikin aneka kue maupun masakan. Baru di tahun 1980-an, ia membimbing di jalan Nampan 52. Tempat ini sekaligus etalase bagi beberapa produk panganan buatannya. Apabila kami memasuki Gerai Kue Ny Liem, maka terlihat alangkah sempit ruangannya untuk memajang aneka roti, kue basah, kue kering, maupun aneka cakenya. 

Ny Liem

Tetapi pengunjung semakin saja berdatangan. Kalau Kamu berkunjung ke sana pada siang hari (seusai jam makan siang), cobalah tengok ruangan di belakang ruang gerai itu, maka Kamu bakal menyaksikan suasana kursus yang sangat ramai. Saat ini, di usia 77 tahun, Ny Liem telah tak aktif membimbing alias membikin kue. Ia telah menyerahkan tongkat estafet pengelolaan usaha kursus serta gerai roti terhadap Chendawati, menantu nya. Istri dr. Gunawan ini terbukti terbukti mempunyai nilai yang membanggakan dalam mewarisi ilmu serta resep berharga dari sang mertua.

Resep Tongseng Ayam

Ada juga Kartika sari : legenda pisang bolen Kurang lebih dua dekade yang lalu tak ada yang menyangka bahwa salah satu ruang latihan yoga di Jalan Haji Ak-bar, Bandung, ini bakal berubah menjadi area usaha produksi aneka kue serta pi-sang bolen paling besar di Bandung," ucap Andrew Purnomo, salah satu putera dari Ratnawati Purnomo sang pionir.Kisah Kartika Sari dimulai pada 1975, ketika Ratnawati membuka usaha kecil-kecilan dengan memproduksi bolu kukus. Selang beberapa waktu kemudian, Kartika Sari memperkenalkan beberapa tipe kue semacam lapis legit serta bolu.

Tetapi tingkat penerimaan khalayak terhadap aneka produk itu tetap biasa-biasa.Memasuki tahun 1986, Rat-nawati mencoba menawar-kan produk pisang bolen. Hari ini, tasumsi konsumen menarik. Rasa pisang bolennya yang eksotik membikin penik-matnya ketagihan. Referensi dari mulut ke mulut pun membikin pisang bolen khas Kartika Sari dengan cepat menjadi buah bibir di Kota Bandung. Hingga-sampai sebelum setiap pisang bolennya keluar dari oven, pemesannya telah antri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar